Jaket Motor Touring Terbaru Yang Nyaman & Terjangkau

Touring sendiri sering diartikan sebagai perjalanan menggunakan sepeda motor dan dilakukan secara berombongan. Peserta touring kerap kali identik pula dengan pengendara yang menggunakan helm, maupun jaket motor touring yang sama. Touring dilakukan bersenang-senang, menyalurkan hobi bermotor, maupun mengunjungi berbagai tempat bersama klub bermotor yang dimiliki seseorang.

Jaket Touring Redfox Tyrano
Tyrano Redfox

Melakukan touring umumnya menempuh perjalanan yang cukup jauh. Oleh sebab itu dibutuhkan perlengkapan yang memadai sebelum melakukan touring. Mulai dari mengecek kondisi kendaraan, bawaan pribadi, hingga hal-hal seperti helm dan jaket. Jaket tentu menjadi hal esensial karena mampu melindungi tubuh dari panas dan terpaan angin. Berikut adalah tips untuk memilih jaket yang sesuai untuk touring Anda.

Pilihan Jaket Motor Touring yang Tepat

  1. Menutupi Leher, Pinggul, dan Pergelangan Tangan

Melakukan perjalanan jauh menggunakan sepeda motor tentunya memiliki risiko kecelakaan yang cukup besar. Oleh sebab itu tidak hanya sebagai pelindung dari panas dan dingin, jaket juga seharusnya mampu meminimalisir dampak kecelakaan. Pilihlah jaket yang menutupi bagian leher, pinggul, dan juga pergelangan tangan agar meminimalisir risiko cedera saat perjalanan.

  1. Hindari Warna Gelap

Kecelakaan roda 2 lebih besar angkanya dibandingkan dengan roda 4. Hal tersebut diduga karena jumlahnya yang lebih banyak dan pelanggaran yang sering dilakukan. Seperti melanggar rambu-rambu lalu lintas dan tidak menggunakan perlengkapan berkendara yang sesuai.

Disarankan untuk menggunakan jaket bermotor yang lebih berwarna. Pilih yang memiliki garis atau corak yang mampu memantulkan cahaya, sehingga akan terlihat pada malam hari.

  1. Hindari Terlalu Banyak Tali

Mengikuti gaya terkini memang tetap diperlukan. Namun jangan yang bisa menimbulkan bahaya. Misalnya saja memilih jaket touring yang memiliki banyak tali atau aksesori yang bisa menimbulkan bahaya. Banyak tali pada jaket dikhawatirkan bisa tersangkut di ban motor atau pada pengendara lain. Oleh sebab itu pilihlah jaket yang bergaya namun tetap memperhatikan faktor keamanan dan kenyamanan.

  1. Pas Badan

Model jaket kadang memang ada yang oversize atau lebih kecil, sehingga bisa dipadukan dengan kaos polos. Namun apabila melakukan touring, pilihlah jaket yang pas di badan, tidak terlalu besar maupun kecil. Apabila terlalu kecil dikhawatirkan jaket tidak bisa di kancing, sehingga tidak sesuai dengan bagaimana seharusnya fungsi jaket tersebut. Apabila terlalu besar dikhawatirkan dapat mengganggu kenyamanan berkendara.

  1. Memiliki Spine dan Chest Protector

Seperti halnya memilih jaket yang mampu menutupi bagian leher, pinggul, dan pergelangan tangan, spine dan chest protector ini merupakan bentuk perlindungan badan apabila terjadi kecelakaan. Chest dan spine protector dari namanya saja sudah menunjukkan fungsinya, yaitu untuk melindungi dada dan punggung. Namun spine dan chest protector lebih difungsikan untuk mencegah angin langsung masuk ke area dada dan punggung.

  1. Sirkulasi Udara Baik

Meskipun jaket tujuannya untuk mencegah angin yang langsung masuk, namun sirkulasi udara di dalam jaket tetap diperlukan. Sirkulasi dalam jaket diperlukan untuk membuat jaket cepat kering apabila berkeringat maupun terkena hujan mendadak. Misalnya saja jaket motor touring dari Redfox yang memiliki air vent di belakang, berfungsi menjaga sirkulasi udara di dalam jaket.

Beberapa kriteria memilih jaket untuk berkendara sepeda motor tersebut bisa menambah kenyamanan dan tentunya keamanan saat berkendara. Tidak masalah apabila Anda ingin memiliki jaket yang bergaya kekinian. Namun fungsi dari jaket motor tersebut jangan dikesampingkan. Upayakan pula menggunakan jaket yang berbahan waterproof dan Windproof seperti pada merek redfox.

%d blogger menyukai ini: